Wednesday 23 September 2015

Menyambut hari raya seperti salafu al soleh

Sunnah ketika 'eidul adha

1-Bersuci dengan mandi untuk hari raya, berdasarkan riwayat dari Nafi’ bahwa Abdullah Bin Umar mandi di hari raya ‘Idul Fitri sebelum berangkat ke Musalla (tanah lapang untuk solat) (HR. Imam Malik)

2-Tidak makan di hari raya ‘Idul Adha sebelum selesai solat, hal ini berdasarkan hadits dari Buraidah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari raya Idul Adha tidak makan sampai kembali, lalu makan dari sembelihan kurbannya. (HR. Tirmidzi)

3-Berhias dan mempercantik diri dengan memakai pakaian yang terbaik yang ada serta memakai minyak wangi dan bersiwak, sebagaimana Ibnul Qayyim di dalam Zaadul Ma’ad (I/441) menyebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallammemiliki Hullas (sebuah jenis pakaian khusus) untuk berhari raya.namun haram bagi wanita untuk mengunakan wangian berlebihan,dan tabarruj

4-Disunnahkan berangkat dengan berjalan kaki, tenang dan santai ke Musolla (tanah lapang), dan pulang jalan yang lain-Ibnul Qayyim di dalam Zaadul Ma’ad ( I/449) berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar dengan berjalan kaki dan keluar melalui jalan yang berbeza pada hari raya.” (Riwayat Al-Firyabi dengan sanad shahih lihat Irwaul Gholil, 2/104)

5-Untuk yang berkorban diingatkan supaya tidak Memotong kuku,misai,rambut dan segala bulu sehingga selesai binatang korban kita dikorbankan

6-Bilakah mula bertakbir

Mulailah Bertakbir Selepas Solat Subuh di Hari Arafah Menurut pendapat yang kuat sebagaimana yang dipilih An Nawawi bahwa bertakbir ketika Idul Adha dimulai sejak : setelah solat subuh pada hari Arafah (9 Dzulhijah) hingga solat Asar pada akhir hari tasyriq (13 Dzulhijah).Setelah itu takbir tersebut selesai.

Bagaimana Bacaan Takbirnya? An Nawawi mengatakan bahwa boleh dengan membaca ALLAHU AKBAR, 3 kali berturut-turut. Dan ini boleh diucapkan berulang kali mengikut kemahuan kita..

أ‌- اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ وللهِ الْحَمْدُ
ب‌- اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ، واللَّهُ أَكْبَرُ ِ اللَّهُ أَكْبَرُ  وللهِ الْحَمْد

No comments: